A. KURIKULUM 2004
1. Landasan dan Pengertian
Landasan: Undand-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pengertian: Seperangkat Rencana dan Pengaturan tentang kompetensi yang di bakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
2. Prinsip
a. Keimanan, nilai dan budi pekerti luhur
b. Penguatan identitas nasional
c. Keimbangan etika, logika, estetika dan kinestika
d. Adaptasi terhadap abad pengetahuan dan teknologi
e. Mengembangkan keterampilan hidup ( life skill )
f. Kesamaan memperoleh kesempatan belajar
g. Belajar sepanjang hayat
h. Berpusat pada anak dengan penilaian berkelanjutan dan komperhensif
i. Pendekatan menyeluruh dan kemitraan
3. Ciri-ciri
a. Menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa baik secara individu maupun klasikal
b. Beroriantasi pada hasil dan keberagaman
c. Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi
d. Sumber belajar bukan hanya guru tetapi juga lainnya yang memenuhi unsure edukatif
e. Penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan suatu kompetensi.
4. Komponen
a. Kerangka dasar dan struktur kurikulum
b. Standar kompetensi lintas kurikulum
c. Bahan kajian dan mata pelajaran
5. Kompetensi dan Standar Kompetensi
a. Kompetensi
Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan sikap dan nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak
b. Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan seperangkat kompetensi yang dibakukan secara nasional dan duwujudkan dengan hasil belajar peserta didik.
Standar kompetensi merupakan hasil jabaran dari fungsi dan tujuan pendidikan nasional
Penjabaran Standar Kompetensi terdiri atas:
1. Standar kompetensi lintas korikulum
2. Standar kompetensi lulusan
3. Standat kompetensi bahan kajian
4. Standar kompetensi mata pelajaran
5. Standar kompetensi mata pelajaran perkelas
6. Standar Kompetensi lulusan Sekolah Dasar
Ada 6 rumusan
7. Penilaian
a. Berbasisi Kelas
b. Bersifat :
- Internal
- Bagian dari pembelajaran
- Sebagai bahan untuk memperbaiki mutu hasil belajar
- Berorientasi pada kompetensi
- Mengngunakan acuan patokan / criteria
- Ketuntasan Belajar ( individu peserta didik )
- dilaksanakan dengan berbagai cara.
8. Kegiatan Pembelajaran
a. berpusat pada peserta didik
b. mengembangkan kreatifitas
c. kontekstual
d. menantang dan menyenangkan
e. pengalaman belajar yang beragam
f. belajar melalui berbuat
9. Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah
10. Jenjang Dan Jalur Pendidikan
11. Kenaikan Tingkat Kelas
Jenjang pendidikan dasar dan menengah menggunakan system kenaikan kelas dari kelas I s.d XII , dalam satu tahun dibagi dua semester.
12. Struktur Kurikulum
a. Struktur kurikulum TK dan RA terdiri dari :
- Pembiaaan moral ( moral, nilai-nilai agama, social, emosional, kemandirian
- Kemampuan Dasar ( berbahasa, kognitif fisik / motorik, seni ) dengan pendekatan tematik
b. Struktur kurikulum SD / MI
1. Mata Pelajaran :
a. Pendidikan Agama
b. Pendidikan Kewarganegaraan dan pengetahuan Sosial
c. Bahasa Indonesia
d. Matematika
e. Pengetahuan Alam
f. Kertakes
g. Pendidikan jasmani
2. Pembiasaan
3. Muatan local
c. Pembelajaran dikelas I dan II
- Pendekatan tematik
- Alokasi waktu 27 jam @ 35 meni per minggu
- Proporsi : 15 % untuk agama
50 % untuk Calistung
35 % untuk yang lainnya
d. Pembelajaran di kelas II s.d VI
Alokasi waktu 32 s.d 34 jam @ 40 menit perminggu
1. Landasan dan Pengertian
Landasan: Undand-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pengertian: Seperangkat Rencana dan Pengaturan tentang kompetensi yang di bakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
2. Prinsip
a. Keimanan, nilai dan budi pekerti luhur
b. Penguatan identitas nasional
c. Keimbangan etika, logika, estetika dan kinestika
d. Adaptasi terhadap abad pengetahuan dan teknologi
e. Mengembangkan keterampilan hidup ( life skill )
f. Kesamaan memperoleh kesempatan belajar
g. Belajar sepanjang hayat
h. Berpusat pada anak dengan penilaian berkelanjutan dan komperhensif
i. Pendekatan menyeluruh dan kemitraan
3. Ciri-ciri
a. Menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa baik secara individu maupun klasikal
b. Beroriantasi pada hasil dan keberagaman
c. Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi
d. Sumber belajar bukan hanya guru tetapi juga lainnya yang memenuhi unsure edukatif
e. Penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan suatu kompetensi.
4. Komponen
a. Kerangka dasar dan struktur kurikulum
b. Standar kompetensi lintas kurikulum
c. Bahan kajian dan mata pelajaran
5. Kompetensi dan Standar Kompetensi
a. Kompetensi
Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan sikap dan nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak
b. Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan seperangkat kompetensi yang dibakukan secara nasional dan duwujudkan dengan hasil belajar peserta didik.
Standar kompetensi merupakan hasil jabaran dari fungsi dan tujuan pendidikan nasional
Penjabaran Standar Kompetensi terdiri atas:
1. Standar kompetensi lintas korikulum
2. Standar kompetensi lulusan
3. Standat kompetensi bahan kajian
4. Standar kompetensi mata pelajaran
5. Standar kompetensi mata pelajaran perkelas
6. Standar Kompetensi lulusan Sekolah Dasar
Ada 6 rumusan
7. Penilaian
a. Berbasisi Kelas
b. Bersifat :
- Internal
- Bagian dari pembelajaran
- Sebagai bahan untuk memperbaiki mutu hasil belajar
- Berorientasi pada kompetensi
- Mengngunakan acuan patokan / criteria
- Ketuntasan Belajar ( individu peserta didik )
- dilaksanakan dengan berbagai cara.
8. Kegiatan Pembelajaran
a. berpusat pada peserta didik
b. mengembangkan kreatifitas
c. kontekstual
d. menantang dan menyenangkan
e. pengalaman belajar yang beragam
f. belajar melalui berbuat
9. Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah
10. Jenjang Dan Jalur Pendidikan
11. Kenaikan Tingkat Kelas
Jenjang pendidikan dasar dan menengah menggunakan system kenaikan kelas dari kelas I s.d XII , dalam satu tahun dibagi dua semester.
12. Struktur Kurikulum
a. Struktur kurikulum TK dan RA terdiri dari :
- Pembiaaan moral ( moral, nilai-nilai agama, social, emosional, kemandirian
- Kemampuan Dasar ( berbahasa, kognitif fisik / motorik, seni ) dengan pendekatan tematik
b. Struktur kurikulum SD / MI
1. Mata Pelajaran :
a. Pendidikan Agama
b. Pendidikan Kewarganegaraan dan pengetahuan Sosial
c. Bahasa Indonesia
d. Matematika
e. Pengetahuan Alam
f. Kertakes
g. Pendidikan jasmani
2. Pembiasaan
3. Muatan local
c. Pembelajaran dikelas I dan II
- Pendekatan tematik
- Alokasi waktu 27 jam @ 35 meni per minggu
- Proporsi : 15 % untuk agama
50 % untuk Calistung
35 % untuk yang lainnya
d. Pembelajaran di kelas II s.d VI
Alokasi waktu 32 s.d 34 jam @ 40 menit perminggu
Comments