Skip to main content

Posts

contoh rpp

Kelas I Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Hari/tanggal : (Pertama) Tema : Diri Sendiri Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Pengalaman belajar Sumber/Alat Penilaian Bhs. Indonesia Matematika Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun (berbicara) Membilang banyak benda Mengurutkan banyak benda  Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal) dengan kalimat sederhana  Membilang atau menghitung secara urut  Menyebutkan banyak benda Kalimat seder-hana untuk memperkenal kan diri Operasi hitung bilangan (1-10) Kegiatan awal:  Bertanya jawab tentang sekolah baru siswa Kegiatan inti:  Siswa memperkenalkan nama diri, kelas, sekolah dan tempat tinggal  Menulis di udara (garis putus-putus, garis lurus)  Menghitung secara urut dari 1- 10 secara bertahap (dari 1- 5 dulu)  Menyebutkan banyaknya bagian anggota tubuh dan membilangnya Kegiatan akhir: - Menyanyikan lagu “dua mata saya” Buku Bahasa Indonesia kelas 1 SD Buk

program pengajaran pkn kelas1

PROGRAM PENGAJARAN NAMA SEKOLAH : KELAS / SEMESTER : I / 1 UNIT / TEMA : 2 / Keluarga Mapel Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alo kasi Wak tu Juli Agustus September Oktober November Desember 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Pendidikan Kewarganegaraan Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa  Menyebutkan perbedaan suku bangsa berdasarkan alamat Alamat tempat tinggal 2 JP IPS Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat  Menyebutkan nama ayah dan ibu atau wali  Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah Identitas diri, keluarga dan kekerabatan 2 JP Bhs. Indonesia Membedakan berbagai bunyi bahasa  Mengenal bunyi bahasa  Membedakan bunyi bahasa  Melafalkan bunyi bahasa secara tepat  Menyelesaikan gambar yang belum selesai Pelafalan bunyi bahasa 12 JP Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk

Soal Matematika Kelas 1

I. PILIH LAH SALAH SATU JAWABAN YANG KAMU ANGGAP PALING BENAR ! 1. Lambang Bilangan Empat Puluh Enam adalah …. a. 46 b. 406 c. 64 2. Kelereng Dimas ada Empat puluh tujuh butir, lambang bilangan nya adalah … a. 74 b. 407 c. 47 3. ( 3 + 5 ) + 6 = …. ( 5 + 6 ) a. 5 b. 7 c. 3 4. 2 + 7 + 8 = ( 2 + 8 ) …. a. 2 b. 7 c. 8 5. 36 23 + a. 59. b. 49 c. 39 …. 6. 34 = … Puluhan + … satuan. Isi titik – titik adalah … a. 3 puluhan + 3 satuan b. 3 puluhan + 4 satuan c. 4 puluhan + 3 satuan 7. 46 = 40 + …. a. 4 b. 6 c. 10 8. 36 + 13 = …. a. 46 b. 48 c. 49 9. 13 + 24 = …. a. 37 b. 36 c. 38 10. 25 = …. + …. a. 20 + 5 b. 50 + 2 c. 30 + 5 11. … Puluhan + … Satuan = 27 a. 7 puluhan + 2 satuan b. 2 puluhan + 7 satuan c. 2 puluhan + 2 satuan 12. Pada Bilangan 38, angka 8 menempati tempat ….. a. Satuan b. Puluhan c. tiga puluh 13. Pada Hrai Rabu Ayu membeli Kelereng 25 Butir, hari sabtu 23 butir, banyak kelereng Ayu adalah … Butir. a. 45 b. 43 c. 48 14. Pak Jagur memasukan ayam 68 ek

Soal PKN kelas 1

I. PILIH LAH SALAH SATU JAWABAN YANG KAMU ANGGAP PALING BENAR ! 1. Sesuatu yang Kita terima adalah ……. a. Hak b. Pekerjaan c. Kewajiban 2. Waktu Guru menerangkan Pelajaran kita sebaiknya …………. a. Berbicara b. Berkelahi c. Memperahtikan 3. Yang memberi Uang dirumah adalah ……….. a. Adik b. Orang Tua c. Induk 4. Kewajiban anak di rumah adalah ………….. a. Bermain b. Membantu orang tua c. Berkelahi dengan adik 5. Tempat Ibadah Orang Islam adalah ……. a. Gereja b. Pura c. Mesjid 6. Jika Lampu merah hidup sebaiknya kita harus ……. a. Berhenti b. Berjalan c. Duduk 7. Zebra Cross adalah tempat untuk ……… a. Parkir Mobil b. Orang menyebrang c. Orang berjalan 8. Sebelum Pelajaran di mulai kita ……. a. Bernyanyi b. Bermain c. Berdoa 9. Hak Pelajar adalah …… a. Mendapat Gaji b. Menerima Raport c. Memberi Ks 10. Jika di Nasehati Orang tua kita …….. a. Mendengarkan. b. Membiarkan c. Meninggalkan 11. Ketika Bangun tidur selimut harus kita …….. a. Cuci b. Lipat c. Ganti 12. Jika Ibu beke

UUD 45, Pancasila, Doa, Tri Janji

UNDANG – UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 P E M B U K A N Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusian dan perikeadilan. Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. Kemudian dari pada itu, untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abad

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Upaya Guru Dalam Melatih Siswa Menyelesaikan Soal Cerita “ HAL – HAL YANG UNIK 1. Siswa Sudah mampu bercerita dengan angka – angka 2. Siswa menterjemahkan kehidupannya dengan soal – soal cerita 3. Siswa makin dekat dengan lingkungan sehari – hari. 4. Siswa tidak takut lagi belajar matematika. BAB II. Perencanaan Perbaikan Masalah 2.1. Indentifikasi Masalah. Sewaktu Ulangan harian siklus PTK ternyata sebagian besar siswa hanya 50% yang tingkat penguasaaan nya pada materi, padahal pelajran dikatakan berhasil apabila 75 % dikuasi oleh siswa. Selama pembelajaran berlansung, jarang siswa yang bersuara apalagi memberi tanggapan, para siswa lebih banyak diam dan pura – pura mencari. Untuk sekedar menghabiskan waktu pelajaran. Berdasarkan hal ini Peneliti meminta bantuan kepada Supervisor untuk mengindentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan, dari hasil diskusi dengan supervisor maka dapat ditarik beberapa masalah, atau kesulitan – kesulitan dalam pembelajaran soal cerita dal

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Upaya Guru Dalam Melatih Siswa Menyelesaikan Soal Cerita “ HAL – HAL YANG UNIK 1. Siswa Sudah mampu bercerita dengan angka – angka 2. Siswa menterjemahkan kehidupannya dengan soal – soal cerita 3. Siswa makin dekat dengan lingkungan sehari – hari. 4. Siswa tidak takut lagi belajar matematika. BAB II. Perencanaan Perbaikan Masalah 2.1. Indentifikasi Masalah. Sewaktu Ulangan harian siklus PTK ternyata sebagian besar siswa hanya 50% yang tingkat penguasaaan nya pada materi, padahal pelajran dikatakan berhasil apabila 75 % dikuasi oleh siswa. Selama pembelajaran berlansung, jarang siswa yang bersuara apalagi memberi tanggapan, para siswa lebih banyak diam dan pura – pura mencari. Untuk sekedar menghabiskan waktu pelajaran. Berdasarkan hal ini Peneliti meminta bantuan kepada Supervisor untuk mengindentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan, dari hasil diskusi dengan supervisor maka dapat ditarik beberapa masalah, atau kesulitan – kesulitan dalam pembelajaran soal cerita dal